Digital Retail

Perkembangan teknologi informasi sudah memasuki tahap destructive pada beberapa tahun belakangan. Era ini ditandai dengan munculnya pola baru perilaku konsumen yang melakukan pembelanjaan melalui e-commerce dengan jumlah revenue agregate yang sudah mencapai 8% dari total seluruh nilai pasar retail. Dampak dari peralihan ini sudah cukup untuk membuat beberapa pemain retail konvensional gulung tikar dan beberapa pusat perbelanjaan atau pertokoan sepi pembeli.
Perubahan ini harus diantisipasi dan diubah menjadi suatu peluang baru bagi dunia retail dengan cara adaptasi dunia retail – dengan perilaku baru konsumen, dan tentunya menuntut untuk penyesuaian bisnis model yang paling profitabel dan sustainable, paling tidak selama masa transisi ini.

Alumni Network mewadahi kebutuhan alumni terutama yang saat ini berprofesi sebagai entrepreneur dengan mengadakan Entrepreneur Coaching dengan tema Bringing Retail to Digital Age diselenggarakan pada Kamis, 21 Desember 2017 di Cotive, Gading Serpong, Tangerang. Cotive merupakan bisnis yang dibangun dan dijalankan oleh Alvin, alumni S1 Finance angkatan 2012 Universitas Prasetiya Mulya.

Pada kesempatan kali ini Entrepreneur Coaching menghadirkan Fransiscus Budi Pranata, yang merupakaan CFO Kinerja Pay Corp pada PT. Golden Truly Group perusahaan yang bergerak dibidang fintech. Sebelumnya ia adalah CFO di Zalora yang telah berhasil meraih penghargaan Best CFO di perusahaan PT. Yupi Indo Jelly Gum yang memproduksi permen yupi, dan pada tahun 2015 juga meraih penghargaan Best CFO pada salah satu majalah bisnis di Indonesia.

Fransiscus Budi Pranata memaparkan mengapa perusahaan startup yang menggunakan digital bisa menjadi sangat booming dan bisa menjadi sangat sukses? Jawabannya adalah perusahaan startup dapat memotong mata rantai distribusi yang menciptakan kestabilan harga sehingga konsumen bisa mendapatkan harga lebih murah dan perusahaan bisa langsung meng-engage konsumen sehingga bisa mengetahui apa yang diinginkan konsumen secara langsung. Ia menambahkan, banyak manfaat yang didapatkan jika menggunakan digital pada perusahaan startup yang tidak sedikit dilakukan oleh para alumni Universitas Prasetiya Mulya.

Semua pengusaha yang offline pada tahun 2018 akan diperkirakan menjadi online karena untuk mencapai memenuhi target
pasar. Hal tersebut merupakan kesempatan yang sangat baik karena teknologi dapat memungkinkan hal yang tidak mungkin. Seperti
halnya teknologi dpat merubah politik, sosial dan bisnis.

Diselenggarakannya Entrepreneur Coaching yang bertemakan Digital Retail ini dapat memberikan insight baru bagi para peserta
yang hadir dan diharapkan semua alumni bisa menjalin networking satu sama lain sehingga dapat mengetahui potensi untuk saling
bekerjasama dan dapat memberikan dampak yang postif bagi masyarakat Indonesia.

“a startup is a company working to solve a problem where the solution is not obvious and success is not guaranteed”
Fransiscus Budi Pranata

CFO Zalora in 2013 – 2015
Best CFO 2013 & 2015, Founder 25 Start up