Alumni Giving To

Kontribusi alumni terhadap almamater Prasetiya Mulya dapat diberikan dengan berbagai cara, tidak hanya dengan bantuan berupa materi melainkan juga dengan bentuk partisipasi untuk kegiatan yang dilaksanakan sebagai proses pembelajaran dari mahasiswa Prasetiya Mulya. Bentuk partisipasi yang dapat diberikan adalah :

1. Alumni Scholarship

Prasetiya Mulya memberikan kesempatan bagi alumni untuk berpartisipasi dalam kegiatan alumni scholarship. Beasiswa alumni ini diberikan kepada calon mahasiswa Prasetiya Mulya yang berprestasi dan memiliki ketertarikan dengan dunia Bisnis, tetapi memiliki kekurangan dalam hal kondisi keuangan.

Persyaratan bagi calon mahasiswa yang mendapatkan beasiswa alumni ini adalah :

  • Hasil tes masuk Prasetiya Mulya masuk ke dalam kategori nilai sangat baik.
  • Memiliki prestasi di sekolah, harus termasuk ke dalam 5 (lima) besar di kelas dan memiliki rata-rata nilai 7,00 (tujuh nol nol).
  • Aktif di kegiatan organisasi atau ekstrakulikuler di dalam ataupun di luar kampus.
  • Berasal dari keluarga tidak mampu, dibuktikan dengan adanya surat dari pejabat daerah setempat.
  • Mengikuti rangkaian/tahap selanjutnya dengan sistem eliminasi untuk mendapatkan beasiswa alumni yang meliputi pengumpulan paper, tes prikologi dan group discussion, presentasi, kunjungan dan interview ke rumah atau sekolah ybs.

2. Knowledge Sharing

Alumni Prasetiya Mulya dapat berkontribusi dalam pengembangan ilmu yang diberikan kepada mahasiswa Prasetiya Mulya. Jenis kontribusi yang dapat diberikan antara lain :

  • Pembicara kegiatan yang diadakan oleh Alumni Network atau IKAPRAMA

Alumni yang telah sukses dalam bidangnya masing-masing dapat berbagi pengetahuan perihal ilmu yang dikuasai atau pengalaman dan cerita perjalanan karirnya dalam kegiatan yang diadadakan oleh Alumni Network atau IKAPRAMA.

  • Mentor untuk bisnis alumni

Melalui program mentoring untuk bisnis alumni, alumni diberikan kesempatan untuk melakukan pembinaan dalam hal memulai bisnis untuk rekan alumni lainnya yang sedang dalam tahap membangun bisnis.

  • Guest lecture untuk program perkuliahan / part time lecture

Alumni Prasetiya Mulya diberikan kesempatan untuk mejadi pembicara tamu atau pengajar tidak tetap dalam mata kuliah mahasiswa dengan topik yang sesuai dengan keahlian dari masing-masing alumni.

3. Research with Faculty Member

Lembaga riset Prasetiya Mulya bekerja sama dengan Faculty Member Prasetiya Mulya terus berusaha berinovasi dengan cara melakukan kerjasama riset yang dilaksanakan secara periodik. Alumni dapat berkontribusi secara aktif dalam riset ini baik secara individual ataupun dengan melibatkan instansi/perusahaan dari alumni ybs.

4. Kerjasama dengan Mahasiswa

Rekan alumni baik yang menggeluti dunia bisnis maupun profesional, secara rutin melakukan kerjasama dan berpartisipasi dalam penyelenggaraan kegiatan yang diadakan oleh mahasiswa. Untuk hal ini, rekan alumni akan bekerjasama dengan organisasi mahasiswa baik S1 (Student Board) maupun MS (Management Society). Jenis kerjasama tidak hanya seputar penyelenggaraan kegiatan, tetapi bisa dalam bentuk pelaksanaan riset, sponsorship, dsb.

5. Kontribusi Aset Tetap untuk Universitas Prasetiya Mulya

Kontribusi yang diberikan dapat berupa aset tetap seperti: buku untuk perpustakaan, fasilitas perkuliahan (meja, kursi, komputer, dsb), serta fasilitas penunjang perkuliahan (loker, dsb).

6. Magang untuk Mahasiswa

Rekan alumni dapat secara rutin berpartisipasi aktif dalam kerjasama untuk membantu mahasiswa, baik S1 maupun MM dalam penyediaan tempat magang. Magang merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus dilalui mahasiswa S1 dan MM selama berkuliah di Prasetiya Mulya. Periode magang beragam, disesuaikan dengan jadwal dari masing – masing program Prasetiya Mulya. Untuk magang tugas akhir program S1 atau magang semester 3 program MM biasanya dilaksanakan dalam jangka waktu 3-4 bulan dengan objective adalah PCI (Project Case Improvement) di perusahaan.

7. Informasi Lowongan Pekerjaan

Rekan alumni juga dapat memberikan informasi atau melakukan rekrutmen terhadap mahasiswa program S1 dan MM Prasetiya Mulya. Untuk rekrutment secara aktif dapat dilakukan kepada calon lulusan untuk program S1 dan program MMR melalui divisi Career Development Center (CDC). Selain itu, informasi lowongan pekerjaan juga dapat ditujukan kepada seluruh alumni sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Informasi ini akan diteruskan kepada divisi Career Development Center (CDC) untuk kemudian ditindaklanjuti sesuai permintaan.

8. Entrepreneurship Development Center (EDC)

Alumni Network dan divisi Entrepreneurship Development Center (EDC) program S1 bekerja sama dalam proses pengembangan mahasiswa dan atau alumni yang ingin membangun sebuah Bisnis. Kerjasama ini diwujudkan dalam :

  • Mentor untuk pengerjaan Business Plan

Untuk partisipasi dalam hal mentoring untuk pengerjaan business plan membutuhkan komitmen dari alumni dalam suatu periode. Periode pengerjaan business plan kurang lebih berjalan selama 3-4 bulan.

  • Pembicara

Pembicara di acara yang diadakan oleh EDC, dengan tema seputaran permasalahan yang terjadi di dalam dunia bisnis. Dalam forum ini, alumni dapat memberikan ilmu dan pengetahuan yang dimiliki mengenai perkembangan dunia bisnis kepada mahasiswa S1 yang sedang dalam tahap membangun bisnis.

  • Investor untuk Business Plan

Alumni dapat berpartisipasi untuk menjadi investor untuk business plan yang dijalankan oleh mahasiswa Prasetiya Mulya. Investasi tidak hanya diberikan dalam bentuk pendanaan, melainkan juga diberikan dalam bentuk fasilitas kerja dan networking.

9. Survei Alumni

Alumni Network dan Career Development Center (CDC) akan melakukan survei kepada alumni melalui online dan offline (dalam bentuk focus group discussion atau interview) dengan periode satu tahun sekali. Survei ini ditujukkan untuk pengembangan kurikulum program dan fasilitas yang disediakan serta untuk memenuhi kewajiban persyaratan Akreditasi Universitas Prasetiya Mulya.

Untuk pertanyaan terkait dengan program Alumni Giving To, dapat langsung menghubungi Divisi Alumni Network Prasetiya Mulya:

PMBS – Cilandak Campus

Jl. R.A. Kartini (T.B. Simatupang) Cilandak Barat, Jakarta 12430

P (+62-21) 751-1126, 750-0463, 765-7257

F (+62 21) 751-1128, M (+62) 812-1983-1982

Email : alumni@pmbs.ac.id

PMBS – BSD Campus

Edutown, Kavling Edu I No. 1 Jl. BSD Raya Barat I, BSD City

Serpong, Tangerang 15339

P (+62-21) 304-50-500

F (+62 21) 304-50-555

Email : alumninetworks1@pmbs.ac.id