Career Center

Career Development Center (CDC) merupakan divisi di bawah bidang Kemahasiswaan yang memberikan layanan pengembangan karier secara aktif kepada mahasiswa S1 dan S2 program MM Reguler (MMR) Universitas Prasetiya Mulya. Program pengembangan karir ini diberikan secara berkala sejak mahasiswa hingga mendekati kelulusan mereka. Hal ini merupakan salah satu wujud kepedulian Prasetiya Mulya dalam menanggapi kebutuhan bisnis terhadap tenaga profesional.

Keberadaan CDC berangkat dari kesadaran bahwa untuk memasuki dunia kerja, mahasiswa tidak hanya membutuhkan hard skills semata, namun soft skills pun memiliki pengaruh penting. Berdasarkan penelitian di Harvard University Amerika Serikat diungkapkan bahwa kesuksesan karier seseorang ditentukan sekitar 20% oleh hard skills dan sisanya 80% oleh soft skills. Untuk itulah CDC mengambil bagian dalam mempersiapkan mahasiswa menghadapi persaingan karier dengan memberikan pelatihan professional skills, memberikan kesempatan untuk menjalin networking dengan perusahaan dan alumni, dan memberikan konseling karier.

Berikut beberapa event yang diadakan oleh CDC :

Career Workshop
CDC S1 Prasetiya Mulya memberikan layanan Career Workshop bagi mahasiswa, yang merupakan rangkaian pelatihan dan diberikan sendiri oleh CDC S1 untuk melatih kesiapan mahasiswa dalam menghadapi persaingan karier, khususnya pelatihan professional soft skills. Berikut adalah workshop yang diberikan:
1. Personal Development Planning Workshop
2. Resume Writing Workshop, memberikan pengetahuan dasar mengenai cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.
3. Grooming and Professional Etiquette Workshop, memberikan pelatihan mengenai etika dan tata cara berpakaian secara professional.
4. Recruitment Talks, mengungkap semua informasi berkaitan dengan wawancara perekrutan. Termasuk hal-hal apa saja yang perlu dilakukan dan tidak dilakukan dalam wawancara, kiat-kiat menjawab pertanyaan dan tahapan-tahapan wawancara yang dilaksanakan di perusahaan.

Workshop yang diberikan untuk mahasiswa S2 program MMR sedikit berbeda dengan mahasiswa S1, antara lain personal development planning, resume building, dan interview skills. Selain itu, CDC S2 memfasilitasi kegiatan tersebut dengan mendatangkan perwakilan dari perusahaan-perusahaan rekanan sebagai pembicara.

Mock Interview

CDC

Mock Focus Group Discussion

Kegiatan lainnya yang juga dipersiapkan oleh CDC adalah Mock interview atau simulasi wawancara. Ini merupakan kegiatan praktek wawancara perekrutan yang dilakukan oleh praktisi Human Resource terhadap mahasiswa Prasetiya Mulya, baik mahasiswa S1 maupun mahasiswa S2 program MMR. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar mahasiswa dapat memiliki pengalaman dalam melakukan wawancara sehingga diharapkan dapat mempersiapkan diri lebih baik untuk wawancara perekrutan yang sebenarnya. Khusus untuk mahasiswa S2 program MMR, CDC S2 juga menyiapkan kegiatan Mock Focused-Group Discussion (FGD), dimana mahasiswa diberikan kesempatan untuk melakukan simulasi FGD yang diberikan oleh perushaan.

Internship

Salah satu program yang diikuti oleh mahasiswa adalah internship. Tujuannya agar mahasiswa memiliki pengalaman pekerjaan yang tentunya akan menjadi nilai tambah bagi para fresh graduate untuk mencari pekerjaan tetap. Oleh karena itu CDC memberikan informasi mengenai kesempatan magang yang tersedia di perusahaan-perusahaan rekanan CDC. Perusahaan rekanan ini tentunya merupakan perusahaan yang memiliki kinerja dan kredibilitas yang baik.

Talent Fair & Career Day

CDC

Talent Fair 2014

CDC S1 dan S2 memiliki kegiatan untuk perekrutan mahasiswa Prasetiya Mulya di Kampus. Untuk mahasiswa S1 acara tersebut adalah Talent Fair yang merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan khusus untuk mahasiswa tingkat akhir S1 Prasetiya Mulya. Sedangkan, kegiatan perekrutan mahasiswa S2 program MMR adalah Career Day. Kegiatan ini bukan hanya sekedar mempertemukan perusahaan dan mahasiswa, namun lebih dari itu perusahaan dapat menilai langsung kemampuan melalui proses wawancara. Kegiatan Talent Fair dan Career Day merupakan bukti nyata kontribusi CDC dalam mengantarkan mahasiswa Prasetiya Mulya ke jenjang karier profesional.

Company Presentation & On-Campus Recruitment

CDC

Company Presentation

Melalui kegiatan ini perusahaan memiliki kesempatan untuk bertemu langsung dengan mahasiswa Prasetiya Mulya untuk memperkenalkan profil perusahaannya serta melakukan kegiatan perekrutan secara langsung di area kampus Prasetiya Mulya. Kegiatan perekrutan yang dilakukan cukup beragam, mulai dari tes online, psikotest dan wawancara. Kegiatan ini diharapkan bukan hanya sebagai media yang mempertemukan mahasiswa dan perusahaan namun bisa menjadi media yang efektif untuk membantu mahasiswa menemukan pekerjaan dan perusahaan menemukan calon sumber daya yang potensial bagi organisasinya.

Untuk informasi terkini mengenai dan lowongan pekerjaan CDC Program S1 dapat mengunjungi www.pmsbe.ac.id/s1/cdc atau mengehubungi via email career.s1@pmbs.ac.id (untuk program S1) atau career@pmbs.ac.id (untuk program MM).