Aloysius Budi Santoso, MM (Alumni Universitas Prasetiya Mulya MME SM 13), Chief Corporate Human Capital Development PT Astra International Tbk, memberikan 5 kiat sukses dalam membangun karier profesional, antara lain :

  1. Jadilah pembelajar sejati

Dalam membangun karier profesional, jangan pernah berhenti untuk belajar dan mudah merasa puas terhadap diri sendiri. Seiring dengan kompetisi dan lanskap ekonomi yang terus berjalan dan tidak pernah statis, kita dituntut untuk menjadi seorang pembelajar sejati. Di saat kita sudah merasa puas dan berhenti belajar, maka di titik itulah kita akan mulai tertinggal.

  1. Jangan pernah berputus asa

Setinggi apapun karier yang telah dicapai, jalan yang dihadapi tidaklah selalu mulus, ada keberhasilan dan kegagalan. Ketika menghadapi kegagalan, kita harus berani untuk bangkit dan tidak terpuruk dalam fase tersebut. Keberanian untuk bangkit dan belajar dari kegagalan adalah sebuah proses penting, karena kita dimatangkan oleh kegagalan, bukan keberhasilan.

  1. Miliki sikap persisten dan konsisten

Di dalam perjalanan karier profesional, berbagai permasalahan akan muncul dan dua hal penting yang harus dimiliki adalah sikap persisten dan konsisten. Persisten yang dimaksud adalah memiliki kemauan yang kuat dalam determinasi untuk mencapai sesuatu hingga berhasil, walaupun harus melewati rintangan dan hambatan yang berat. Selan persisten, kita juga harus fokus dan tidak mudah patah semangat yang diwujudkan melalui sikap konsisten. Idealnya, bagi kita yang telah bekerja pada bidang yang sesuai dengan passion, maka akan lebih mudah ‘berlari’ dalam meniti karier.

  1. Be professional

Bertindak secara profesional dalam membangun karier juga menjadi hal yang penting. Lakukanlah setiap tugas pekerjaan yang diberikan dengan sebaik-baiknya serta fokus terhadap target dan tujuan organisasi. Inti dari ‘profesional’ di sini adalah memenuhi sebuah peran yang telah diterima dengan penuh tanggung jawab dan integritas.

  1. Kemampuan beradaptasi

Salah satu faktor keberhasilan dalam membangun karier profesional adalah mampu beradaptasi dengan nilai dan budaya organisasi. Alangkah lebih baiknya, sebelum bergabung dengan perusahaan tertentu, kita dapat mengetahui terlebih dahulu nilai dan budaya perusahaan tersebut, sehingga dapat mempersiapkan diri untuk belajar beradaptasi. (LLE)