Ibarat blessing in disguise, tinggal dan besar di Indonesia merupakan kebahagiaan yang tak terduga. Bagaimana tidak, semua keindahan tersaji disini. Sebut saja jajaran sumber daya alam nan indah, keunikan kultur, ragam etnis serta bahasa, dan masih banyak lagi aspek luar biasa yang  mampu mengungdang decak kagum. Tak heran, kebutuhan akan sumber daya manusia professional di bidang Pariwisata semakin kuat. Karena negeri kita butuh orang – orang yang mampu mengeksplorasi dan mengenalkan pesonanya di mata dunia.

Sadar akan hal itu, pada Kamis 9 Februari 2017 kemarin, Universitas Prasetiya Mulya resmi meluncurkan Program Studi S1 Hospitality Business. Salah satu langkah Universitas Prasetiya Mulya untuk memperkuat rumpun ilmu kajian bisnis pariwisata dilakukan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman Kerjasama (MoU) dengan PT. Panorama Sentrawisata Tbk pada 3 Februari 2017 bertempat di Hotel Arista, Palembang.

PT. Panorama Sentrawisata, Tbk merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Pariwisata, Transportasi, dan Hospitality. Perusahaan ini memiliki bisnis terpadu meliputi bidang liburan, pameran, travel dan leisure management, media, publikasi, food and beverage, transportasi, dan hospitality. Penandatanganan MoU ini diwakili oleh Prof. Dr. Djisman S. Simandjuntak selaku Rektor Universitas Prasetiya Mulya dan Budi Tirtawisata selaku Direktur Utama PT Panorama Sentrawisata Tbk. Turut hadir dalam acara tersebut Prof. Agus. W. Soehadi, Ph.D selaku Dekan Sekolah Bisnis dan Ekonomi, Yudo Hartono, MM selaku Ketua Program Studi S1 Hospitality Business dan Peni Zulandari, MM selaku Ketua Program Studi S1 Event. Kedua Program Studi ini dikelola di bawah rumpun ilmu kajian Bisnis Pariwisata (S1 Tourism Business).

Prof. Dr. Djisman S. Simandjuntak selaku Rektor Universitas Prasetiya Mulya memaparkan, “Prasetiya Mulya masuk ke bidang ini karena melihat ‘this is going to be a very big industry of the future’, kita hendak melakukannya secara kolaboratif menghimpun macam-macam stream of knowledge yang diperlukan untuk itu dan secara dual. Dual artinya akademi dan dunia usaha berjalan bersama-sama dan policy maker,” imbuh beliau.

Budi Tirtawisata selaku Direktur Utama PT Panorama Sentrawisata Tbk menyatakan, “Saya sambut baik sekali adanya S1 Tourism Business di Universitas Prasetiya Mulya. Saya kira ini dapat memberikan career path yang lebih baik dan juga mengenai kemampuan berpikir industri pariwisata secara lebih tajam, lebih stratejik. Karena kita berkompetisi bukan hanya di dalam negeri saja, tetapi juga secara global.”

Ruang lingkup kolaborasi antara Prasmul dan Panorama meliputi:

  1. Knowledge sharing, berupa pengajaran atau kuliah oleh para narasumber profesional, berpengalaman atau praktisi di bidang kepariwisataan yang berasal dari PT Panorama Sentrawisata Tbk kepada mahasiswa dan sivitas akademika Universitas Prasetiya Mulya.
  2. Skill formation, berupa kesempatan magang di PT Panorama Sentrawisata Tbk bagi para mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya.
  3. Management Co-learning, yaitu berupa pengembangan laboratorium dan penyelenggaraan pelatihan bersertifikasi untuk karyawan PT Panorama Sentrawisata Tbk, mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya, atau umum.
  4. Scholarship, berupa program beasiswa kepada mahasiswa berprestasi Universitas Prasetiya Mulya dan program pendidikan training atau short course oleh Universitas Prasetiya Mulya bagi karyawan PT Panorama Sentrawisata.
  5. Entrepreneurship, yaitu pengkajian dan penelitian akademik tentang permasalahan pengembangan usaha yang ada di PT Panorama Sentrawisata Tbk.

Ketua Program Studi S1 Hospitality Business, Yudo Hartono, MM menambahkan, “Kolaborasi ini bisa mendekatkan pendidikan pariwisata yang bersifat dual dan kolaboratif. Melibatkan industri sebagai bagian dari learning process di kurikulum merupakan bentuk pendidikan yang berupaya memahami ekosistem pariwisata yang senantiasa berubah dari waktu ke waktu,” ujarnya.

Rumpun Ilmu Kajian S1 Tourism Business

Indonesia memiliki banyak destinasi pariwisata untuk dikembangkan. Kekayaan budaya Indonesia membuat bisnis pariwisata dan event di Indonesia sangat berkembang pesat dan sektor tersebut memiliki warna tersendiri. Kita dapat menemukan beragam acara seperti festival budaya, tari tradisional, konser musik, acara olahraga, ataupun meetings, incentives, conferences dan exhibitions (MICE). Potensi bisnis pariwisata Indonesia juga merupakan industri yang dinamis dan tidak terbatas. Kegiatan pariwisata dapat memperkenalkan budaya, melindungi alam, membangun komunitas dan meningkatkan perekonomian di Indonesia.

S1 Tourism Business Universitas Prasetiya Mulya memberikan jawaban untuk berkontribusi dalam memajukan bisnis pariwisata dan event di Indonesia bahkan dunia. S1 Tourism Business memiliki dua Program Studi pilihan, yaitu Program Studi S1 Event dan Program Studi S1 Hospitality Business yang membuka kelas pada tahun 2017 ini.

Bagi teman – teman yang hobi eksplorasi, berkepribadian dinamis, suka tantangan serta menyukai jelajah wisata, S1 Tourism Business cocok dijadikan destinasi pendidikan bagi kalian. Jadilah bagian dari pemajuan industri pariwisata Indonesia, tunjukkan keelokkan negara kita di mata mancanegara!. Untuk informasi lebih lanjut mengenai S1 Hospitality Business dapat simak S1 Hospitality Business dan detail mengenai S1 Event silahkan klik Kurikulum S1 Event.

Sumber : http://ceritaprasmul.com/5593-2/